Tentang Kami

Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Trisakti dibentuk dari dan untuk masyarakat Sungai Tiung sebagai wadah pengelolaan informasi

Tujuan

mewujudkan masyarakat yang mengetahui, mengerti, peduli dan memahami informasi.

Fungsi

sebagai wadah pengelolaan informasi yang dapat dipertanggungjawabkan.

Tugas

mendorong masyarakat agar menjadi masyarakat informasi dan meningkatkan ekonomi.

Cerita Terbentuknya KIM Trisakti

Kelurahan Sungai Tiung adalah sebuah kelurahan yang  ada di kecamatan Cempaka, Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan dengan luas wilayah 21,5 KM serta memiliki penduduk pada tahun 2018 sebanyak 8.524 jiwa. Kelurahan Sungai Tiung memiliki potensi wilayah yang baik, hal ini dapat dilihat dari terdapatnya landmark, berbagai termpat wisata, kuliner dan produk lokal yang harus dikembangkan.

Salah satu potensi Sungai Tiung yang terkenal adalah pertambangan intan dan yang menarik dari kegiatan ini adalah dikerjakan secara tradisional yang dikerjakan langsung oleh masyarakat Sungai Tiung. Selain dari pertambangan intan, banyak potensi Sungai Tiung yang harus diperkenalkan kepada publik agar kontinuitas dan terus berkembang yang pada akhirnya dapat mensejahterakan masyarakat Sungai Tiung.

Salah satu upaya agar potensi Sungai Tiung tetap terjaga dan berdasakan visi kelurahan Sungai Tiung yaitu mewujudkan pelayanan publik yang berkarakter menuju masyarakat kelurahan yang parsifatif, kreatif dan berwawasan lingkungan maka dibentuklah Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) oleh Lurah Sungai Tiung pada tanggal 09 Mei 2019 dengan nama Kelompok Informasi Masyarakat Trisakti. Hal tersebut disambut baik oleh Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Banjarbaru yang notabennya adalah instansi pembina dari KIM ini, karena dengan adanya KIM, tugas Diskominfo sebagai pengelola informasi Pemerintah terbantu dengan kata lain,  KIM Trisakti adalah kepanjangan tangan Diskominfo dalam penyebarluasan informasi di masyarakat Sungai Tiung.

Selain dapat menginformasikan potensi Sungai Tiung kepada publik, KIM Trisakti juga bertugas untuk menciptakan masyarakat Sungai Tiung yang sadarkan akan informasi di era digitalisasi serta dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui informasi.

Sekilas Kelompok Informasi Masyarakat

Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) adalah kelompok yang dibentuk dan dikelola dari, oleh dan untuk masyarakat secara mandiri dan kreatif yang aktivitasnya melakukan pengelolaan informasi dan pemberdayaan masyarakat sesuai dengan kebutuhan dalam rangka meningkatkan nilai tambah.

Tujuan dibentuknya Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) adalah untuk mewujudkan masyarakat yang mengetahui, mengerti, peduli dan memahami informasi.

  1. Sebagai tempat untuk melakukan pengumpulan, pengolahan, penyimpanan dan diseminasi informasi.
  2. Sarana peningkatan literasi anggota KIM dan masyarakat agar menjadi insan informasi yang dapat diandalkan dalam proses pembangunan.
  3. Sebagai wadah dalam menyerap, mengolah informasi dan aspirasi masyarakat kepada pemerintah atau sebaliknya.
  4. Bertugas menyampaikan kebijakan pemerintah dan hasil pembangunan kepada masyarakat di lingkungannya.
  1. Mewujudkan masyarakat yang aktif, peduli, peka dan memahami informasi.
  2. Memberdayakan masyarakat agar dapat memilah dan memilih informasi yang dibutuhkan dan bermanfaat.
  3. Mewujudkan jaringan informasi serta media komunikasi dua arah antara masyarakat dengan masyarakat maupun dengan pihak lainnya.
  4. Menghubungkan satu kelompok masyarakat dengan kelompok yang lainnya untuk mewujudkan kebersamaan, kesatuan dan persatuan bangsa.
Kembali ke Atas